Sehat: Migrain Dan Cara Mengatasinya

Migrain Dan Cara Mengatasinya


۞ Guru ۞ : Informasi kesehatan tentang migrain atau sakit kepala sebelah dan cara mengatasinya. Meskipun ini bukan merupakan bidang kami, namun tidak salah bukan apabila kami sharing tentang kesehatan? Siapa tahu dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Beberapa penyebab timbulnya migrain

Migrain dapat timbul karena kelelahan, perubahan hormon, tekanan darah, penyakit asma, depresi, atau penyakit berat semisal tumor atau infeksi. Faktor penyebab migrain yang paling dominan adalah konsumsi makanan tertentu yang bisa memicu migrain, kurang tidur atau tidur yang berlebihan, tidak makan (diet) yang menyebabkan kadar gula darah sangat rendah atau hipoglikemia, stress (fisik dan mental), dan tekanan emosi, bau-bauan yang menyengat, dan paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan suhu yang mendadak, dan faktor hormonal.

Faktor hormonal yang menjadi penyebab migrain :

1. Saat haid akibat berubahnya kadar hormon estrogen dan progesteron.
2. Saat meminum pil antihamil, juga akibat naik turunnya kadar hormon-hormon kewanitaan (estrogen, dan progesteron).
3. Saat terdapatnya gangguan/masalah kandungan, misalnya siklus haid yang tidak teratut, kista indung telur, atau setelah menjalani operasi pengangkatan rahim (akan mengalami serangan migrain dengan kecenderungan dua kali lipat lebih besar).
4. Saat masa kehamilan, dimana banyak terjadi perubahan hormon dalam darah.

Bagaimana cara mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain?

Sebenarnya ada cara yang efektif untuk menghilangkan dan mengobati sakit kepala sebelah (migrain) ini, yaitu :

1. Perbaiki pola makan Anda dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung vitamin B2, seperti gandum, kacang-kacangan dan polong-polongan, daging merah dan perbanyaklah minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.
2. Penderita migrain yang juga mengalami mual dan rasa tidak enak di perut bisa mengkonsumsi jahe atau makanan yang mengandung jahe.
3. Anda harus selalu mengontrol lemak dalam darah karena bisa memicu migrain. Kurangi makanan yang berlemak jenuh, saus, gorengan.
4. Penderita migrain peka teradap cahaya, oleh karenanya disarankan untuk beristirahat di tempat yang gelap dan tenang, dan buat diri Anda rileks.
5. Anda bisa mengompres kepala dengan es atau air dingin untuk menyempitkan pembuluh darah.
6. Hangatkan dan istirahatkan leher Anda dengan pijatan lembut, karena migrain juga bisa disebabkan karena leher yang kelelahan.
7. Hindarkan segala pemicu dan penyebab-penyebab migrain, misalnya tidur yang berelebihan, atau kurang tidur, polusi, stress, sinar matahari yang terlalu terang atau pantulan sinar matahari.
8. Anda boleh saja mengkonsumsi obat sakit kepala. Bagi Ibu hamil obat yang relatif cukup aman untuk dikonsumsi yaitu, golongan analgetik misalnya acetaminophen (paracetamol), aspirin, antireptik.
9. Hindari mengkonsumsi zat-zat yang kurang baik bagi tubuh, misalnya alkohol, anggur merah (wine), feniletilalamin dalam coklat, kafein, keju yang mengandung asam amino tiramin (dalam keju masak seperti brie, camembert) yang mampu mengurangi serotonin dalam otak sehingga aliran darah terganggu.
10. Penderita migrain biasanya lebih sensitif terhadap zat aditif dalam bahan makanan, seperti MSG, nitrit, aspartame (pemanis buatan),tetrazin, dan sulfite (dalam minuman alcohol dan wine).
    Dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup jelas Anda menjadi lebih sehat, mampu mengatasi segala keluhan kesehatan dan khususnya pada catatan ini dapat menyembuhkan sakit kepala sebelah atau migrain. Namun, bila keluhan sakit kepala sebelah ini terus-menerus Anda rasakan dan cukup mengganggu aktifitas Anda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter Anda.

    ۞ Terima kasih telah berkunjung di blog ۞ Guru ۞

    Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Sehat: Migrain Dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat membuka cakrawala wawasan keilmuan dan pengetahuan. Salam ukhwah islamiyah.

    ۞ Guru ۞

    ۞ Bagikan artikel ini:

    0 komentar:

    ۞Tinggalkan komentar, kritik, saran, dan masukan untuk artikel ini sebagai bahan reveiw dan perbaikan pada artikel selanjutnya. Jazaakumullah khoiron. ۞