Informasi: Robot Meta Tag Yang Valid Dan Benar

Robot Meta Tag
۞ Guru ۞: Informasi seputas web/blog tentang  robot meta tag yang valid dan benar.
Sebenarnya beberapa pertanyaan tentang Robot Meta Tag pada web atau blog telah terjawab. Pada saat Anda bertanya-tanya, bagaimana suatu search engine atau yang sering diartikan dengan mesin pencari melakukan pencarian pada meta tag? Berikut adalah beberapa jawaban tentang bagaimana "search engine" menangani tag di Google.

1. Tentang Nilai Konten Robot Meta Tag

Kami menyarankan Anda agar menempatkan semua nilai konten dalam satu meta tag. Hal ini akan membuat meta tag mudah dibaca dan akan mengurangi kesempatan untuk terjadinya konflik karena meta tag Anda terlalu komplek hingga membuat robot mesin pencari pusing dibuatnya. Contoh konten meta tag yang benar adalah seperti ini.

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW">
 
Jika suatu halaman berisi beberapa jenis meta tag yang sama, maka search engine akan merayapi nilai-nilai konten meta tag tersebut. Misalnya, Anda menafsirkan meta tag sebagai berikut.

<META NAME="ROBOTS" content="noindex">
<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOFOLLOW">

 
Dengan cara yang sama Anda dapat membuatnya lebih singkat dan jelas seperti ini.

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW">
 
Jika nilainya terjadi konflik, Googlebot akan menggunakan filter mana sekiranya yang paling ketat. Jadi, jika halaman tersebut memiliki tag meta, misalnya:

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX">
<META NAME="ROBOTS" CONTENT="INDEX">

 
Googlebot akan mematuhi yang bernilai NOINDEX.

2. Tanpa mengisi nilai apapun pada Robot Meta Tag

Secara default, pada dasarnya Googlebot akan mengindeks semua halaman dan akan mengikuti semua link yang ada. Jadi sebenarnya tidak perlu untuk menggunakan meta tag atau menandai halaman dengan nilai INDEX atau FOLLOW.

3. Mengarahkan robots meta tag khusus pada Googlebot 
Untuk memberikan instruksi kepada semua mesin pencari, aturlah nama meta dengan "ROBOTS". Untuk memberikan instruksi hanya kepada Googlebot, tetapkan nama meta untuk "Googlebot". Jika Anda ingin memberikan instruksi yang berbeda untuk mesin pencari yang berbeda (misalnya, jika Anda ingin satu mesin pencari untuk mengindeks halaman, tetapi tidak yang lain), lebih baik untuk menggunakan meta tag khusus pada setiap mesin pencari daripada menggunakan "generic robot meta tag" yang dikombinasikan dengan spesifikasi meta tag tertentu. Anda dapat menemukan daftar bot di robotstxt.org.

4. Casing (uppercase atau lowercase) dan spasi
 
Googlebot memahami kombinasi huruf kecil dan huruf besar. Jadi masing-masing meta tag ditafsirkan dengan cara yang sama persis:

<meta name="ROBOTS" content="NOODP">
<meta name="robots" content="noodp">
<meta name="Robots" content="NoOdp"

 
Jika Anda memiliki beberapa nilai konten, Anda harus menempatkan koma di antara mereka, dan tidak masalah jika Anda juga memberi spasi. Jadi contohn meta tag berikut akan diinterpretasikan dengan cara yang sama:

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW"> (ket: dengan spasi)
<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX,NOFOLLOW"> (ket: tanpa spasi)

5. Menggunakan file robots.txt dan robot meta tag bersamaan

Jika robots.txt dan instruksi meta tag untuk suatu halaman terjadi "konflik" (dikarenakan asal-asalan memasukkan meta tag ke dalam halaman web atau blog, sehingga menjadi terlalu banyak dan kompleks), maka Googlebot akan mengikuti mana yang paling ketat atau menonjol. Untuk lebih jelasnnya :
  • Jika Anda memblokir halaman dengan robots.txt, Googlebot tidak akan pernah menjelajah halaman dan tidak akan pernah membaca meta tag pada halaman tersebut.
  • Jika Anda mengizinkan halaman dengan robots.txt tapi memblok atau membatasi untuk diindeks menggunakan meta tag, Googlebot akan mengakses halaman, membaca isi meta tag tersebut, dan kemudian tidak akan mengindeks isi halaman itu.

6. Nilai konten robot meta tag yang "Valid" dan benar 

Googlebot hanya akan menafsirkan nilai-nilai robot meta tag berikut ini.
 
NOINDEX - mencegah halaman untuk masuk dalam indeks search engine.
NOFOLLOW - mencegah Googlebot mengikuti link apapun pada halaman. (Catatan: bahwa yang dimaksud, berbeda dengan atribut link-level NOFOLLOW, yang mencegah Googlebot agar mengikuti link tertentu.)
NOARCHIVE - mencegah salinan cache dari halaman yang mungkin saja tersedia dalam hasil pencarian (indeks).
NOSNIPPET - mencegah deskripsi yang muncul di bawah halaman dalam hasil pencarian, serta mencegah caching halaman.
NOODP - memblok deskripsi halaman Open Directory Project yang digunakan dalam deskripsi, yang muncul di bawah halaman hasil pencarian.
NONE - setara dengan "NOINDEX, NOFOLLOW".

7. Tentang nilai meta tag "NONE"
 
Seperti yang didefinisikan oleh robotstxt.org, arah dari "NONE" berarti sama dengan NOINDEX, NOFOLLOW.

<META NAME="ROBOTS" CONTENT="NONE"> (robots meta tag ini berarti NOINDEX dan NOFOLLOW)

Namun, beberapa webmaster menggunakan meta tag ini untuk menunjukkan bahwa tidak ada pembatasan robot yang mungkin secara tidak sengaja bisa memblokir semua konten dari indeks mesin pencari .

Jadi, disarankan kepada Anda untuk tetap menggunakan meta tag pada halaman web atau blog Anda. Gunakan nilai meta tag yang valid dan benar berikut cara penulisannya yang tepat. Sebab tanpa meta tag terpasang di halaman web atau blog Anda, kadang-kadang berakibat mesin pencari akan memblokir konten web atau blog Anda dari indeks. Tapi perlu diingat bahwa pembatasan yang berlebihan kepada mesin pencari dalam mengindeks konten web atau blog juga akan berakibat yang sama. ROBOT tidak akan mengindeks konten web atau blog Anda.
 
Update: Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat tentang robot meta tag yang dianjurkan.
Sumber gambar: portent.com

۞ Terima kasih telah berkunjung di blog ۞ Guru ۞

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Informasi: Robot Meta Tag Yang Valid Dan Benar. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat membuka cakrawala wawasan keilmuan dan pengetahuan. Salam ukhwah islamiyah.

۞ Guru ۞

۞ Bagikan artikel ini:

1 komentar:

  1. jadi yg benar itu META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW" atau
    META NAME="ROBOTS" CONTENT="INDEX, DOFOLLOW"? makasih guru

    BalasHapus

۞Tinggalkan komentar, kritik, saran, dan masukan untuk artikel ini sebagai bahan reveiw dan perbaikan pada artikel selanjutnya. Jazaakumullah khoiron. ۞