Model Pembelajaran PAKEM

PAKEM
PAKEM adalah pembelajaran aktif, kreatif,efektif, dan menyenangkan yang mulanya merupakan pembelajaran yang dicanangkan di TK dan SD/MI. Dengan adanya krisis ekonomi beserta segala dampaknya maka desentralisasi atau otonomi daerah menuntut adanya mutu pendidikan yang kompetitif. Salah satu upaya dalam otonomi ini adalah perlunya perbaikan pada pendidikan awal ini di daerah masing-masing.

Pembelajaran di TK dan SD/MI yang aktif dan kreatif menuntut kegiatan praktek dan siswa perlu bekerja dalam tim. Dengan kegiatan praktek dan bekerja dengan anggota tim berarti siswa melakukan interaksi sosial. Apalagi bila program pendidikan tersebut memanfaatkan lingkungan sekitar, siswa akan mengenal lingkungannya dan dapat menghubungkan apa yang diperoleh di kelas dengan dunia nyata.

Pembelajaran untuk anak usia TK dan SD/MI perlu diperhatikan logika, praktika, dan estetika. Untuk itu penggunaan multimedia akan menunjang keberhasilan belajar, sarana dan prasarana yang cukup. Selain itu ada sumber daya manusia yang cukup profesional dan sistem manajemen yang baik. Standardisasi mutu pendidikan dilakukan secara berkelanjutan untuk menghadapi tuntutan lokal, nasional, dan global.

Pada saat ini banyak SD yang telah melaksanakan PAKEM, antara lain sekolah yang TK-SD/MI nya satu atap atau satu lokasi. Dengan adanya TK menjadi satu atap dengan SD/MI berarti juga dapat menaikkan layanan pendidikan. Jumlah TK-SD/MI nya satu atap sudah lebih kreatif dan efektif serta merupakan sekolah percontohan yang juga disebut sebagai SD/MI Rujukan, SD/MI Model, dan Sekolah Dasa Koalisi.

Dalam kenyataannya PAKEM tidak hanya untuk pendidikan awal, karakteristik yang ada dalam pembelajaran ini juga tercakup dalam model pembelajaran di tingkat menengah dan tinggi. Ciri-ciri umum dari pembelajaran yang baik berlaku untuk semua jenjang dan semua bidang studi. Dalam pelaksanaannya kita memilih dan memilah mana yang cocok untuk mata pelajaran kita dan sesuai dengan kebutuhan saat itu berdasarkan tujuan untuk mencapai kompetensi atau ketrampilan apa.

Ref: Modul Pengembangan Model Pembelajaran TEKNIK

Next coming search : Ciri-Ciri PAKEM

۞ Terima kasih telah berkunjung di blog ۞ Guru ۞

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Model Pembelajaran PAKEM. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat membuka cakrawala wawasan keilmuan dan pengetahuan. Salam ukhwah islamiyah.

۞ Guru ۞

۞ Bagikan artikel ini:

2 komentar:

  1. tulisan yg menarik. dan guru2 masih banyak yg membutuhkan literatur tentang pakem. masih banyak gyg bingung cara pelaksanaannya. saking banyaknya metode, strategi, teknik pembelajaran seh. salam dan sukses. ditunggu kunjungan dan komoentar baliknya di blog sy

    BalasHapus
  2. @mas Rusydi Hikmawan

    trims sudah membaca artikel ini, insyaAllah jika ada kesempatan kami akan membahasnya lebih lanjut. Kritik, saran, dan masukan sangat kami harapkan. berbagi adalah rahmat.

    BalasHapus

۞Tinggalkan komentar, kritik, saran, dan masukan untuk artikel ini sebagai bahan reveiw dan perbaikan pada artikel selanjutnya. Jazaakumullah khoiron. ۞