Aplikasi Database Open Source Terbaik Dan Terpopuler Saat Ini

Assalamualaikum Wr. Wb.

Jika Anda adalah seorang programer komputer yang getol dengan Open Source tentunya tidak asing lagi dengan istilah DATABASE atau basis data. Meskipun banyak pengertian tentang database yang beragam, tapi secara sederhana Admin menyimpulkannya sebagai kumpulan data yang terkomputerisasi yang memungkinkan data-data tersebut dapat diakses kembali denga mudah dan cepat.
Kenapa Admin memilih database yang Open Source? Ya, salah satu jawaban yang tidak bisa dipungkiri, karena aplikasi database yang open source ini cukup memadai untuk beberapa kepentingan yang terkait. Dan alasan yang paling mendasar bahwa aplikasi database yang "freeware" mungkin belum cukup terbeli, hehe...(klasik banget alasannya).
Baiklah, mungkin itu sudah cukup sebagai prolog pada artikel ini. Yang penting selagi kita pintar menggunakan dan memanfaatkan sesuatu, maka sesuatu tersebut pasti akan besar manfaatnya dan bisa dimaksimalkan kegunaannya.
Berikut ini kami berikan lima macam aplikasi database yang cukup baik dan populer (banyak digunakan) di kalangan programmer komputer. Dan ingat, semuanya adalah aplikasi OPEN SOURCE.

1. MySQL

MySQL (baca : maisquel) adalah aplikasi database yang bisa digunakan secara open source atau terbuka. Aplikasi ini dapat berjalan pada semua platform (Linux dan Windows). Program aplikasi bersifat networking ini bisa digunakan pada aplikasi Multi User. MySQL ini sangat populer dikalangan pengembang bahasa pemograman PHP dan banyak digunakan untuk pengembangan situs atau web, serta layanan online lainnya.

2. SQLite

SQLite merupakan embedded SQL database yang berarti SQL ini tidak membutuhkan server untuk memproses database. SQLite akan membaca dan menulis langsung file pada disk lengkap dengan table, trigger, views, dan indeces.
Untuk dapat menggunakan SQLite bisa melalu Command line (CMD) atau dengan Graphical User Interface (GUI) dengan bantuan aplikasi Management Tools. Berikut ini beberapa aplikas SQLite Management Tools yang dapat digunakan secara gratis :
a. SQLite Manager for Firefox; Aplikasi ini adalah aplikasi Add-Ons untuk Firefox. Anda bisa mengatur dan mengelola database SQLite dengan mudah, dan simpel dalam pembuatan database, table, records, cukup dengan dengan menginstall add-ons ini.
b. SQLite Database Browser; Selain cukup mudah digunakan, open source, aplikasi ini juga mendukung SQL Query.
c. SQLite Administrator; Tool yang sangat powerfull dengan tampilan antarmuka yang mudah dimengerti oleh semua pengguna.
d. SQLite Studio; Melalui fitur-fiturnya yang cukup bisa diandalkan, tool ini juga mendukung SQlite2 dan SQLite3.
e. SQLite Expert Personal Edition; Aplikasi ini didukung dengan fitur yang handal, tool ini didukung dengan tampilan yang menarik dan powerfull.

3. PostgreSQL

Aplikasi database ini merupakan aplikasi sistem basis data yang paling banyak digunakan saat ini, yang cukup bersaing dengan MySQL dan Oracle. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur unggulan yang disediakan, antara lain: DB Mirror, PG Pool, Slony, PG Cluster, dll.
Selain beberapa fitur di atas, aplikasi database ini cukup kuat dari segi keamanan datanya. PostgreSQL tersedia untuk berbagai paltform seperti Mac, Windows, Solaris, dan Linux.

4. Oracle atau Berkeley Oracle DB

Aplikasi yang dikembangkan pihak Oracle ini menyediakan jasa penyimpanan dasar untuk aplikasi yang Anda buat. Berkeley DB API sudah tersedia di hampir semua bahasa pemorograman termasuk ANSI-C, C++, Java, C#, Perl, Python, Ruby, dan Erlang.
Aplikasi ini dapat menyimpan data dan laporan pada database sebesar 4GB.

5. Firebird

Firebird merupakan salah satu aplikasi database yang sangat lengkap jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini banyak menyediakan fitur seperti pada database komersial, termasuk Stored Procedures, Triggers, atau Hot backups. Sementara ini Firebird ada dengan dua versi, yaitu: versi server klasik dan server super.
Beberapa kemampuannya, antara lain:
a. Firebird dapat mendukung transaksi. Pada sebuah transaksi aplikasi ini bisa di-commit atau di-roolback dengan mudah, sudah mendukung fitur savepoint (layaknya pada oracle).
b. Firebird menggunakan standard-syntax untuk menentukan sebuah foreign-key.
c. Aplikasi ini mendukung row level locks.
d. Firebird mendukung penggunaan stored procedure dan juga triggers dengan bahasa yang mudah dimengerti (mirip pada oracle yang menggunakan before atau after, insert, update atau delet).
e. Firebird dapata melakukan proses replikasi, yang selalu memonitor adanya operasi insert, update atau delete ke dalam database.
f. Firebird support dengan multiple data file.
g. Library Connection pada aplikasi Firebird ini sudah terdapat driver untuk ODBC, JDBC, dan .NET database provider.

Untuk sementara cukup ini saja yang Admin dapat sajikan untuk para pembaca, jika ada yang terlupakan harao ditambahkan sendiri. Semoga keterang di atas bisa menjadi referensi Anda untuk menentukan pilihan aplikasi database mana yang harus Anda gunakan atau bahkan digunakan seluruhnya sesuai dengan keperluan dan kepentingan masing-masing tentunya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

۞ Terima kasih telah berkunjung di blog ۞ Guru ۞

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Aplikasi Database Open Source Terbaik Dan Terpopuler Saat Ini. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat membuka cakrawala wawasan keilmuan dan pengetahuan. Salam ukhwah islamiyah.

۞ Guru ۞

۞ Bagikan artikel ini:

11 komentar:

  1. tks infonya.. menarik untuk disimak

    BalasHapus
  2. software pendukung apa saja yg dibuthkan untuk dapat menggunakan MySQL? spesifikasi laptop kita harus bgmna?
    terus bedanya sama oracle, bagusan mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gusti Ri'pi,

      coba anda googling aja mas, banyak referensinya kok. :d

      Hapus
  3. maksih bwgtz atas tutorialnya...

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya. Saya lagi awal nih belajar sql.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @jual abon,

      sama-sama mas, semoga bisa membantu.

      Hapus
  5. Makasih om infonya :D bagi pemula saya bisa mudah mengerti artikel tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim, OK sama-sama mas, semoga bisa membantu

      Hapus

۞Tinggalkan komentar, kritik, saran, dan masukan untuk artikel ini sebagai bahan reveiw dan perbaikan pada artikel selanjutnya. Jazaakumullah khoiron. ۞