Solusi Loading Blog Yang Lemot

Solusi Loading Blog Yang Lemot
۞ Guru ۞: Pernahkah Anda merasakan atau mengalami bahwa loading blog Anda terlalu lama alias lemot? Tentunya kan membuat kondisi Anda tidak nyaman bukan? Nah, Apalagi orang lain yang mencoba mengakses web/blog Anda yang kebetulan sesuatu yang mereka dapatkan hanya di web/blog Anda. Sayang bukan kalau terjadi seperti itu, gara-gara web/blog Anda diakses tapi loadingnya kelamaan, jadi gak sabar deh pengunjungnya. Satu visitor menghilang....belum visitor-vositor yang lainnya yang mengunjungi web/blog Anda di tempat yang berbeda.

Anda tidak perlu khawatir dengan itu, sebab kemungkinan ada beberapa hal yang perlu Anda perbaiki dalam CSS atau HTML (pengguna blogger) atau pada PHP Anda (pengguna WP, dll) atau yang lainnya. Mungkin trik atau tips ini tidak terlalu istimewa, namun setidaknya bisa membantu Anda dan memberikan solusi untuk mengatasi web/blog Anda yang lemot. Berikut ini beberapa solusi yang kami berikan.

Cara pertama : Untuk mengatasi loading blog biasanya para blogger akan melakukan kompres css. Hal ini cukup mudah dan tidak perlu membutuhkan ketelitian yang serius. Untuk melakukan kompres css Anda harus meng-copy semua kode yang berada di antara tag <b:skin> dan ]]></b:skin>. Setelah itu silahkan Anda lakukan kompres css di http://www.cleancss.com/index.php. Setelah Anda lakukan kompres css, copy hasil kompres css tersebut dan paste di antara <b:skin> dan ]]></b:skin> (disarankan : "Anda backup template terlebih dulu sebelum dilakukan copy paste CSS yang sudah Anda kompress"). Pratinjau dulu sebelum disave, jika tidak ada masalah dengan hasil kompress CSS-nya. Save template Anda.

Cara kedua : Lakukan dengan menggunakan "google code" apabila Anda mendapati di template Anda ada sebuah atau lebih kode "javascript" yang sangat panjang di tag <head> dan </head>. Hal ini terjadi kemungkinan kode-kode tersebut terlalu memakan waktu untuk di uraikan oleh browser sehingga menjadi lama, saking panjangnya. Siapa tahu bukan? Nah, untuk mengakalinya jadikan kode-kode tersebut menjadi satu bendel "js code" yang bisa dipanggil kembali. Biasanya kode tersebut diupload di hosting, dan kami sarankan di http://code.google.com/hosting/ saja biar mudah. Apalagi blogger kan kepunyaan Google, tentunya akan sangat setuju sekali bukan kalo kita gunakan hostingnya? He he...senyum dulu dong, sobat.

Nah, begitulah sekiranya yang dapat kami berikan untuk Anda para sobat blogger. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada tips dan trik yang lain silahkan dishare kepada kami. Kami akan sangat bangga sekali bisa berbagi dengan sobat blogger semua.

Bagaimana membuat bundel JS? Bagaimana cara uploadnya ke "Google Code" hosting? Sebenarnya ini pertanyaan yang sangat mudah dijawab, tapi insya Allah nanti di lain kesempatan akan kami sampaikan tentang hal-hal di atas. Dan jika Anda sudah tidak sabar, silahkan saja minta tolong sama teman atau kakek kita tercinta Mbah "Google". Dan sekian dulu trik dan tips yang kami berikan, sekali lagi mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih...

۞ Terima kasih telah berkunjung di blog ۞ Guru ۞

Anda telah membaca sebuah artikel yang berjudul Solusi Loading Blog Yang Lemot. Semoga artikel ini bermanfaat, dapat membuka cakrawala wawasan keilmuan dan pengetahuan. Salam ukhwah islamiyah.

۞ Guru ۞

۞ Bagikan artikel ini:

4 komentar:

  1. Bener banget apa yang di tuliskan diatas, semakin banyak perlengkapan blog maka akan semakin lemot loadingnya blog itu.

    trima kasih tulisannya sangat membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Bawang Merah

      sama-sama mas atau mbak ini? hhe

      Hapus
  2. salam silaturahmi mohon di follow ya
    Email : Rolisupiawan@gmail.com
    Web : http://blog-medianet.blogspot.com/
    http://olixgrafer.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Googel code telah ditiadakan gan.... jadi meo yung katanya orang taiwan

    BalasHapus

۞Tinggalkan komentar, kritik, saran, dan masukan untuk artikel ini sebagai bahan reveiw dan perbaikan pada artikel selanjutnya. Jazaakumullah khoiron. ۞